Biology’s Local Art

Biology’s Local Art atau BILLIART adalah program kerja dari Divisi Minat dan Bakat yang bertujuan sebagai wadah mahasiswa baru Jurusan Biologi Universitas Brawijaya (JBUB) untuk mengembangkan potensi seni yang dimiliki dan mendukung serta mengasah kemampuan seni mahasiswa baru JBUB. Selain itu, diharapkan BILLIART mampu mempererat tali silaturahmi antar angkatan yang masih aktif maupun alumni JBUB.

BILLIART tahun ini dilaksanakan pada 23 Oktober 2021 dengan platform Zoom Meeting. Pada tahun ini, BILLIART mendatangkan pemateri dari angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang masing-masing memiliki bakat pada bidang seni yang berbeda dan beberapa diantaranya adalah pemenang di kegiatan Biology’s Event dan PORMABA.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana (Ahmat Hendrawan), ketua divisi MnB (Wahyu Setyo Bekti), dan ketua himpunan (Muhammad Asyraf). BILLIART dilajutkan dengan kegiatan di breakout room sesuai pembagian minat dan bakat. Pembagian ini telah dilakukan berdasarkan hasil form dengan bantuan PJ dari angkatan 2021. Pembagian breakout room diantara lain:

  • Breakout room 1: Musik (pemateri: Fransciscus), Dangdut (pemateri: Wahyu), dan Vokal Solo (pemateri: Binta)
  • Breakout room 2: Debat Bahasa Inggris (pemateri: Candra), Debat Bahasa Indonesia (pemateri: Rayhan), dan Story Telling (pemateri: Aura)
  • Breakout room 3: Stand Up Comedy (pemateri: Andra), Monolog (pemateri: Rendi), dan Puisi (pemateri: Aryan)

Pemateri memberikan penjelasan mengenai bidang seni terkait dalam bentuk presentasi. Selain penjelasan, terdapat penampilan video dari para pemateri sendiri saat mengikuti perlombaan baik di Biology’s Event, PORMABA, atau perlombaan lainnya. Apabila tidak ada video dari pemateri, kegiatan diganti dengan pemberian contoh secara langsung saat menjelaskan materi. Selain itu, pada beberapa breakout room ada penampilan karya dari peserta yang telah mengumpulkan video. Berikutnya adalah sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta.

Setelah pemberian materi di breakout room, peserta kembali ke main room untuk pembagian doorprize, dilanjutkan dengan foto bersama dan penutupan dari MC.